Prestasi SMK Negeri 5 Jakarta, Juara Nasional LKS 2010

Tahun Ini Siswanya Lulus UN 100 Persen
SMK Negeri 5 Jakarta, Juara Nasional LKS 2010

BANYAK sudah prestasi yang diukir pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5, Jakarta Timur. Dibawah pimpinan Drs Bambang Tejo Basuki, para anak didiknya saat Ujian Nasional (UN) 2010 lulus 100 persen.
Alhamdulillah, kelulusan tahun 2010 ini lulus UN 100 persen, kata Kepala Sekolah SMKN 5 Jakarta Timur Drs Bambang Tejo Basuki kepada Pelita di SMKN 5 Jakarta di Jalan Pisangan Baru Timur VII, Jakarta Timur, tak jauh dari Stasiun Jatinegara.
Menurutnya, upaya agar berhasil mencapai lulus UN 100 persen sebelumnya dilakukan try out (latihan menjawab soal) dan pendalaman soal setiap bulan selama 7 bulan. Selain itu, konsolidasi guru mata pelajaran Ujian Nasional.
Selain itu, SMKN 5 tahun ini juga membawa harum nama Ibukota Jakarta, sebab dalam Kejuaran LKS (Lomba Kreativitas Sekolah), SMKN 5 Jakarta menjadi Juara Nasional LKS Tahun 2010 mata lomba Industrial Control. Selain itu, menempati peringkat tujuh nasional LKS tahun 2010 mata lomba electrical instalation. Ini juga menempati peringkat pertama tingkat kelompok teknologi dan rekayasa SMK Negeri Provinsi DKI Jakarta dari 16 sekolah. Selain itu, juga memperoleh nilai Akreditasi A = amat baik untuk empat program keahlian di SMK Negeri 5 tahun 2007.
Bambang mengatakan, persiapan yang dilakukan untuk maju ke tingkat nasional dalam Kejuaraan LKS dengan melatih keterampilan siswa yang dilakukan di industri, yaitu Siemens. Dengan harapan peserta yang mengikutinya, yakni Rangga Maulana dapat tampil maksimal. Yang akhirnya Rangga Maulana mendapat peringkat tujuh dari 33 kompetitor. Tim pembimbing dari Commercial Wirring adalah Risma Sianturi, SPd dan Suharto, SPd.
Untuk bidang lomba industrial control, seleksi tingkat Jakarta Timur hanya diikuti dari SMKN 5 Jakarta. Maka diambillah Tofik Hartono sebagai Juara I. Perlombaan dilanjutkan ke tingkat provinsi dan menang, ujarnya.
Selanjutnya, persiapan dilakukan untuk menghadapi LKS tingkat nasional siswa dilatih bekerjasama dengan industri dengan pelatihan diadakan di sekolah. Hasil dari pelatihan itu, Tofik Hartono menjuarai bidang lomba industrial control sebagai Juara I mengalahkan 10 kompetitor lainnya dari 11 provinsi di Indonesia. Tim pembimbing dari Industrial Control adalah Arif Rahman, Mutalina Indah, dan Kristinawati.
Saat ini jumlah siswa di SMKN 5 Jakarta mencapai 939 orang. Ada empat program keahlian di sekolah ini, yakni permesinan, teknik kendaraan ringan, teknik audio , dan teknik instalasi tenaga listrik. Program otomotif (teknik kendaraan ringan) favorit karena bengkel representatif dan ada kelas Astra (kelas belajar seminggu di bengkel Astra dan sekolah), khusus untuk Kelas 11.
Bagi siswa di sini juga tak perlu khawatir untuk memperoleh pekerjaan setelah lulus, sebab ada BKK (Bursa Kerja Khusus) yang hampir setiap bulan merekrut tenaga kerja.
Tes untuk mendapatkan pekerjaan itu hampir di semua program keahlian, jelas Bambang.
Para guru di sekolah ini merupakan tenaga yang terampil di bidangnya. Para dewan guru di sini tentu mereka yang terampil dibidangnya, ujarnya.
SMK Negeri 5 Jakarta tak lepas dari sejarahnya. Dahulu sekolah ini bernama STM Pembetulan dan Pemeliharaan yang berdiri tahun 1956 lokasi di Kampung Jawa hingga tahun 1957. Tahun 1958 pindah ke Jalan Budi Utomo sampai tahun 1959. Tahun 1960 menempati gedung baru Jalan Kebon Sereh VII Jatinegara (Jalan Pisangan Baru Timur VII dengan nama STM Negeri 3 Jakarta). Mulai tahun 1994, STM Negeri 3 berganti nama menjadi SMK Negeri 5 Jakarta hingga sekarang. Tahun 2004 SMK Negeri 5 Jakarta ditetapkan sebagai sekolah berstandar nasional.
Upaya memajukan sekolah ini terus dilakukan, visi SMK Negeri 5 Jakarta ini menjadi sekolah berstandar nasional bertaraf internasional. Misinya menyiapkan tamatan yang berkompetensi unggul dan berdaya saing global. Meningkatkan sistem manajemen yang berbasis sekolah.
Nilai-nilai yang ditanamkan, kata Bambang, yakni siswa yang religius, profesional, disiplin, transparan, jujur, percaya diri, bernyali, dan berkomitmen.
Bowo Irianto, Kasubag Umum Dinas Provinsi DKI Jakarta mengatakan banyak sekolah yang telah mengukir prestasi, di antaranya SMK Negeri 5 Jakarta.
Ketika ada LKS tingkat nasional, juara nasional LKS tahun 2010 untuk mata lomba industrial control, jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: