MESIN CNC

SMK N 5 Ciptakan Mesin CNC

Sebuah prsetasi cemerlang dalam dunia teknologi permesinan (mekanik) ditunjukan SMK Negeri 5 Jakarta. Pasalnya baru-baru ini anak-anak mekanik SMKN 5 berhasil menciptakan mesin CNC (Computer Numerical Control). Mesin CNC adalah mesin berteknologi canggih yang pengoperasiannya dikendalikan oleh computer.

Mesin CNC tersebut merupakan hasil rakitan siswa SMKN 5 Jakarta bekerjasama dengan PT. Sigata Tool Indonesia, dibawah binaan serta pengawasan dari Direktorat Pembinaan SMK Departemen Pendidikan Nasional. Hingga saat ini SMKN 5 telah berhasil merakit 3 mesin CNC yang siap dipasarkan. Ketiga mesin yang dimaksud terdiri dari 2 mesin bubut dan 1 mesin milling.

Proyek perakitan mesin CNC di SMKN 5 Jakarta merupakan bagian dari program Direktorat Pembinaan SMK Depdiknas untuk peningkatan kompetensi siswa SMK. Program yang dinamai ‘SMK Bisa !’ memberikan peluang seluas-luasnya bagi siswa SMK untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya, termasuk potensi kewirausahaan.

Suksesnya perakitan mesin CNC adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar SMKN 5 Jakarta. Soalnya SMKN 5 merupakan sekolah pertama dan satu-satunya di DKI Jakarta yang telah berhasil mengembangkan teknologi berbasis CNC bidang mekanik. “(Mesin)” CNC masih baru dan belum ada di SMK lain di DKI. Di daerah lain saya kurang tahu, tapi kalau untuk DKI sendiri produk ini adalah pertama,” ujar Kepala SMKN 5 Jakarta Drs. Bambang Tedjo Basuki. Hal senada juga dikatakan oleh wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri (Waka Hubin) Ateng Sutisna, SPd., MM. Dikatakannya, SMKN 5 senantiasa aktif menjalin hubungan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri. “Dalam hal ini siswa kami selalu aktif melaksanakan prakerin (praktek kerja industri) di PT. Sigata Tool Indonesia. Dengan kerjasama tersebut hasil yang kami rasakan sangat positif,” tuturnya.

Ditambahkan, selain membuat mesin CNC, SMKN 5 juga telah berhasil membuat 68 produk media pembelajaran untuk SMK dan industri. Produk tersebut merupakan hasil kerjasama antara siswa jurusan listrik dan elektronika dengan PT. Sarana Bina Mandiri. Produk tersebut saat ini juga sudah siap dipasarkan dengan pangsa pasar SMK negeri/swasta, politeknik, industri, perguruan tinggi serta keperluan pembelajaran.

Lebih lanjut Ateng Sutisna mengatakan, ada beberapa sasaran yang ingin dicapai lewat proyek pembuatan mesin CNC (jururan pemesinan) dan produk media pembelajaran jurusan (listrik, elektronika & otomotif). Sasaran tersebut antara lain untuk kesiapan menyambut alih teknologi, meningkatkan kompetensi, mengembangkan bakat kewirausahaan dan keahlian siswa (life skill), menciptakan lapangan kerja serta menyediakan produk berteknologi canggih dengan harga murah (terjangkau). ■ Suhapri

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: